6 Wisata Alam Menakjubkan di Yogyakarta 2017 (Bagian 2)

 

Setelah di postingan berikutnya membahas 3 tempat wisata alam yang “amazing” di Yogyakarta, dalam postingan ini kami lanjutkan untuk 3 tempat wisata lainnya..

Simak selanjutnya………

 

4.  Jelajah Hutan Purba di Goa Jomblang

Goa yang pernah menjadi lokasi syuting Amazing Race season 19 ini terbentuk ribuan tahun lalu, Akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi sehingga membentuk sinkhole atau sumuran.

Hingga kini vegetasi berupa rerumputan, jamur, tanaman paku bahkan pepohonan besar tetap hidup dan lestari selama ratusan tahun.

 

Dalam perjalanan turun sejauh kurang lebih 80 meter dari mulut goa, aroma lembap begitu kuat menyeruak dari  pepohonan dan dinding goa. Sungguh pengalaman yang seru sekaligus menegangkan!

Di siang hari (antara jam 10 pagi hingga 2 siang), cahaya matahari yang masuk ke dalam gua melalui lubang di atas gua dan menyinari pepohonan memberikan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Karena lokasinya yang sulit dijangkau dan dibatasinya jumlah pengunjung, akan lebih baik apabila Anda membuat reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke tempat ini. Bawa juga pakaian ganti, termasuk sepasang kaus kaki ekstra, karena Anda bakal kotor-kotoran di sini.

Goa Jomblang

 


Lokasi: Semanu, Gunung Kidul, yogyakarta.
Telepon: 0811 117 010 / 0878 3867 2111
Jam Operasional: 10.00 -14.00
Tiket Masuk: Rp450.000
(http://tempatsewamotorjogja.com/)

 

5. Negeri di Atas Awan: Kebun Buah Mangunan

Terletak di dataran tinggi Imogiri, belakangan ini Kebun Buah Mangunan kian populer sebagai daerah tujuan wisatawan. Panorama perbukitan, lembah, sungai, hutan , awan dan kabut yang tampak dari kebun buah ini begitu mengesankan.

 


Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi hari, saat matahari baru muncul dan tampak jelas awan-awan serta kabut yang terlihat seperti hamparan kapas. Indah sekali!

 

 

Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga dapat membeli aneka buah-buahan segar yang dipetik
langsung dari pohon dengan harga terjangkau.

Kebun Buah Mangunan

 

Lokasi: Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
Telepon: (0274) 646 0182
Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Rp5.000,-

6. Air Terjun Sri Gethuk

Dikelilingi persawahan nan hijau, air terjun yang bersumber dari tiga mata air (Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul) ini diyakini sebagai tempat penyimpanan kethuk, salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Konon pada saat-saat tertentu suara gamelan masih terdengar dari arah air terjun ini.

 


Dari areal parkir yang juga juga menjadi area memancing, ada dua cara menuju Air Terjun sri Gethuk – berjalan menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah dan pohon kelapa, atau menggunakan rakit sederhana melawan arus Sungai Oya.

Setibanya di air terjun, Anda akan disambut oleh suasana yang begitu hening dan damai. Satu-satunya suara yang ada hanyalah gemuruh air yang menghempas formasi bebatuan yang indah. Bebatuan berundak tersebut seolah mengajak pengunjung untuk melompat ke dalam air yang jernih dan sejuk.

Air Terjun Sri Gethuk

 


Lokasi:  Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta
Cara ke Sana: Dari pusat Kota Yogyakarta

  1. Wonosari – Jl. Pathuk – Simpang gading –Jl. Playen – Jl. Bleberan
  2. Imogiri Barat – Jl. Panggang – Jl. Paliyan – Jl. Playen – Jl. Bleberan

Koordinat di sini.
Telepon: 0853 3400 5700 / 0813 2821 6842
Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Tiket Masuk: Rp3.000,- (sudah termasuk tiket ke Gua Rencang Kencono) | Rakit: Rp5.000,- per orang.
http://tempatsewamotorjogja.com/